
Medan, Nopember 2025 — Pascasarjana UIN Sumatera Utara kembali menorehkan prestasi akademik melalui penerbitan buku ilmiah kolaboratif bertajuk “Kajian Komparatif Perkembangan Hukum dan Pendidikan Indonesia dan Malaysia.” Buku setebal 286 halaman ini merupakan hasil kerja sama antara Program Studi Pendidikan Islam dan Hukum Islam Pascasarjana UINSU Medan dengan Fakulti Humaniti Universiti Sains Malaysia (USM).
Disunting oleh Prof. Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi, karya ini melibatkan lebih dari 20 akademisi terkemuka dari dua negara serumpun, di antaranya Prof. Dr. Haidar Putra Daulay, M.A., Prof. Dr. Hasan Asari, M.A., Prof. Madya Dr. Jasni bin Sulong, dan Prof. Dr. Noor Shakirah Mat Akhir. Kolaborasi lintas negara ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat jejaring keilmuan Islam di kawasan Asia Tenggara.
Isi dan Fokus Buku
Buku ini disusun sebagai upaya akademik untuk memahami, mengkritisi, dan menawarkan refleksi atas kebijakan, regulasi, dan praktik hukum serta pendidikan yang berkembang di Indonesia dan Malaysia. Melalui pendekatan komparatif, para penulis mengulas kesamaan dan perbedaan dari segi aspek historis, normatif, kelembagaan, dan implementatif, sekaligus mengidentifikasi kekuatan dan tantangan sistem hukum dan pendidikan di kedua negara.

Buku ini disusun dalam empat bagian utama, mencakup kajian mendalam yang merepresentasikan dinamika keilmuan di kedua negara, antara lain:
1. Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia
Menyoroti evolusi pendidikan Islam dari masa awal hingga era modern. Pembahasan mencakup:
- Peran madrasah dan pesantren dalam sejarah pendidikan Indonesia
- Integrasi nilai Islam dalam sistem pendidikan nasional
- Pembaruan kurikulum dan tantangan digitalisasi pendidikan Islam
- Kebijakan pemerintah dalam penguatan pendidikan keagamaan
Kajian di bagian ini memperlihatkan bagaimana sistem pendidikan Islam Indonesia terus berkembang mengikuti tuntutan zaman, tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisi keilmuan.
2. Perkembangan Hukum Islam di Indonesia
Bagian ini membahas perkembangan hukum Islam dalam sistem hukum nasional Indonesia, termasuk:
- Dinamika legislasi hukum Islam di Indonesia
- Peran kelembagaan seperti Mahkamah Syariah dan Kementerian Agama
- Desentralisasi dan otonomi daerah dalam konteks praktik hukum Islam
- Kajian komparatif implementasi hukum keluarga Islam
Penulis menegaskan bagaimana hukum Islam menjadi bagian integral dalam pembangunan sistem hukum nasional yang plural dan berkarakter kebangsaan.
3. Perkembangan Hukum Islam di Malaysia
Berisi uraian komprehensif tentang sistem hukum Islam Malaysia, meliputi:
- Landasan hukum syariah dalam perundangan Malaysia
- Struktur kewenangan Mahkamah Syariah
- Peran institusi pendidikan dan fatwa dalam regulasi keagamaan
- Perkembangan regulasi halal dan sistem pentadbiran Islam
Kajian ini menunjukkan bagaimana Malaysia menempatkan hukum syariah dalam struktur negara federasi dan menjadikannya instrumen pembangunan sosial umat.
4. Perkembangan Pendidikan Islam di Malaysia
Bab ini mengupas sistem pendidikan Islam Malaysia melalui aspek:
- Sejarah perkembangan sekolah agama dan pendidikan formal
- Evolusi kurikulum dan konsep pendidikan Islam kontemporer
- Peran universitas Islam dan lembaga pendidikan tinggi
- Isu gender, budaya, dan filosofi pendidikan dalam tradisi Islam Malaysia
Kajian ini memperlihatkan model pendidikan Islam Malaysia yang terintegrasi dengan sistem negara, adaptif, dan responsif terhadap isu global.
Tujuan dan Manfaat
Plt. Direktur Pascasarjana UINSU Prof. Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi. Psikolog menyampaikan bahwa buku ini hadir sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mendorong reformasi sistem hukum dan pendidikan yang responsif, adaptif, dan berkeadilan.
“Kami berharap buku ini menjadi rujukan penting bagi akademisi, pembuat kebijakan, dan praktisi hukum serta pendidikan di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag. menambahkan bahwa penerbitan ini merupakan bukti konkret kolaborasi ilmuwan dua negara serumpun yang harus terus dikembangkan menuju pengakuan internasional dan world class university.
Nilai Lebih Buku
Selain kekayaan isi, buku ini menampilkan refleksi filosofis tentang peran Islam dalam membentuk sistem pendidikan dan hukum modern, serta gagasan penting untuk menjembatani ilmu agama dan ilmu umum dalam semangat rahmatan lil ‘alamin.
Buku Kajian Komparatif Perkembangan Hukum dan Pendidikan Indonesia dan Malaysia menjadi rujukan ilmiah strategis yang tidak hanya memperkuat posisi UINSU di kancah akademik internasional, tetapi juga menegaskan semangat kolaborasi dan integrasi keilmuan Islam yang berdaya saing global.